;

Abstrak


Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen pada Kinerja Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Property, Real Estate, dan Building Construction)


Oleh :
Samsu Anhari Faujianto - S411808036 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen pada kinerja perusahaaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor property, real estate dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Data Panel dengan menggunakan alat analisis statistik STATA 16.
Berdasarkan analisis ditemukan bahwa keputusan investasi tidak berpengaruh pada profitabilitas. Keputusan pendanaan tidak berpengaruh pada profitabilitas. Kebijakan dividen tidak berpengaruh pada profitabilitas. Keputusan investasi berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja perusahaan. Keputusan pendanaan berpengaruh negatif dan signifikan pada kinerja perusahaan. Kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Profitabilitas tidak berpengaruh pada kinerja perusahaan. Variabel profitabilitas tidak mampu memediasi hubungan antara keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen dengan kinerja perusahaan.

Kata kunci: keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, profitabilitas, ukuran perusahaan, kinerja perusahaan.