Abstrak


Pengaruh Ketidaknyamanan pada Tugas dan Pengendalian Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Surakarta


Oleh :
Hana Nur Adila - K7717033 - Fak. KIP

Hana Nur Adila. K7717033. PENGARUH KETIDAKNYAMANAN PADA TUGAS DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMK NEGERI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Desember 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai
 (1) pengaruh ketidaknyamanan pada tugas terhadap prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Surakarta; (2) pengaruh pengendalian diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Surakarta; dan (3) pengaruh ketidaknyamanan pada tugas dan pengendalian diri terhadap prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di Surakarta yang berjumlah 288 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 167 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ketidaknyamanan pada tugas terhadap prokrastinasi akademik (nilai signifikansi 0,000 < 0>thitung = 3,819); (2) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan pengendalian diri terhadap prokrastinasi akademik (nilai signifikansi 0,000 < 0> thitung = [-13,469]); dan (3) terdapat pengaruh ketidaknyamanan pada tugas dan pengendalian diri secara bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik (nilai signifikansi 0,000 < 0 xss=removed> sebesar 67,8%, sedangkan sisanya 32,2% (100%-67,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Model hubungan dari ketiga variabel tersebut adalah Y= 72,917 + 0,524X1 - 0,664X2. Model ini signifikansi secara statistik.