Abstrak


Efektivitas Variasi Lebar Pelat Baja pada Perkuatan Eksternal Terhadap Kinerja Struktur Portal Bangunan Non-Teknis Menggunakan Metode Numerik


Oleh :
Amarta Adri Pujangga - I0114008 - Fak. Teknik

Indonesia merupakan negara yang berada pada wilayah jalur gempa pasifik (Circum Pasific Earthquake Belt) dan jalur gempa asia (Trans Asiatic Earthquake Belt), maka banyak kota di Indonesia yang sering dilanda gempa. Bangunan hunian masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah biasanya masuk dalam kategori bangunan non-teknis, sehingga menjadi kelompok yang paling banyak menderita kerugian akibat gempa. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan perencanaan yang efektif dan efisien terhadap bangunan agar mampu menerima beban gempa bumi. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu memberikan perkuatan eksternal pelat baja pada struktur portal bangunan non-teknis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi lebar pelat baja sebagai perkuatan eksternal terhadap kinerja struktur portal bangunan non-teknis. Penelitian ini menggunakan Metode Newton-Raphson dengan program ATENA. Model struktur yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur portal bangunan non-teknis dengan dan tanpa perkuatan eksternal pelat baja. Variasi lebar pelat yang digunakan adalah 5cm, 10cm, dan 15cm.
Data pada penelitian ini dianalisis berdasarkan lebar retak, daktilitas, disipasi energi, dan simpangan ultimit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelat baja dengan lebar 10cm merupakan perkuatan eksternal yang paling efektif terhadap kinerja struktur portal bangunan non-teknis.


Kata Kunci : Perkuatan Eksternal, Pelat Baja, Bangunan Non-teknis, ATENA, Newton-Rhapson.