Abstrak


Kesantunan Dalam Tindak Tutur Direktif pada Talkshow Okay Bos di Trans 7


Oleh :
Arista Estiningtyas - B0217012 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan  yang dibahas dalam penelitian ini,  yaitu: (1) Bagaimana jenis subtindak tutur direktif dalam talkshow Okay Bos di Trans 7? (2) Bagaimana strategi kesantunan tindak tutur direktif pada talkshow Okay Bos di Trans 7?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan jenis subtindak tutur direktif dalam talkshow Okay Bos di Trans 7 (2) Mendeskripsikan strategi kesantunan tindak tutur direktif pada talkshow Okay Bos di Trans 7.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data yang digunakan yaitu talkshow Okay Bos di Trans 7 pada episode 9
September 2020, 18 September 2020, 24 September 2020, 25 September 2020, dan 28 September 2020. Data dalam penelitian ini berupa tuturan peserta tutur pada talkshow Okay Bos yang mengandung tindak tutur direktif dan strategi kesantunannya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh video melalui Youtube kemudian data dikumpulkan menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode kontekstual untuk rumusan masalah pertama dan kedua serta metode cara-tujuan (means-end) untuk rumusan masalah kedua.
Hasil penelitian yang didapat yaitu dalam tuturan peserta tutur talkshow Okay Bos di Trans 7 ditemukan sejumlah dua belas jenis subtindak tutur direktif yaitu menyuruh, mendesak, meminta, memohon, melarang, bertanya, menantang,
menyarankan, menasihati, mengajak, mengizinkan, dan memperingatkan. Selanjutnya, dalam penelitian ini ditemukan adanya penggunakan strategi kesantunan berupa strategi bertutur terus terang, strategi kesantunan positif, strategi kesantunan negatif, strategi kesantunan samar-samar, gabungan strategi kesantunan positif, gabungan strategi kesantunan negatif, gabungan strategi kesantunan positif dan negatif, gabungan strategi kesantunan negatif dan samar- samar serta gabungan strategi kesantunan positif, negatif, dan samar-samar.

Kata kunci : Tindak Tutur Direktif, Strategi Kesantunan, Pragmatik