Abstrak


Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Melalui Kejenuhan Belajar Pada Siswa SMK Batik 2 Surakarta


Oleh :
Umy Windyarti - K7717077 - Fak. KIP

 

Umy Windyarti. K7717077. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media pembelajaran secara langsung terhadap kejenuhan belajar pada siswa SMK Batik 2 Surakarta; (2) pengaruh kejenuhan belajar secara langsung terhadap hasil belajar pada siswa SMK Batik 2 Surakarta; (3) pengaruh media pembelajaran secara langsung terhadap hasil belajar pada siswa SMK Batik 2 Surakarta; (4) pengaruh media pembelajaran secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kejenuhan belajar pada siswa SMK Batik 2 Surakarta.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK batik 2 Surakarta tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 481 siswa. Sampel yang terpilih dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling sebanyak 218 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket disebarkan dengan google form. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan pengujian hipotesis yaitu uji regresi koefisien jalur melalui nilai t pada taraf signifikansi 5?n melakukan uji sobel. Data diolah dengan bantuan program IBM SPSS Version 25,0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh negatif dan signifikan media pembelajaran secara langsung terhadap kejenuhan belajar, dengan hasil t hitung > t tabel (-6,108 > 1,971) dan nilai signifikansi 0,000 < 0>Kedua, tidak terdapat pengaruh yang signifikan kejenuhan belajar secara langsung terhadap hasil belajar, dengan hasil nilai t hitung < t> 0,05. Ketiga, tidak terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran secara langsung terhadap hasil belajar, dengan hasil t hitung < t> 0,05. Keempat, terdapat pengaruh secara tidak langsung antara media pembelajaran terhadap hasil belajar melalui kejenuhan belajar, dengan nilai t hitung > t tabel (2,606 > 1,971).