Abstrak


Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru SMK N 3 Surakarta


Oleh :
Widya Candra Dewi - K7616070 - Fak. KIP

Widya Candra Dewi. PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SMK N 3 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2022.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru SMK N 3 Surakarta; (2) Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap kinerja Guru SMK N 3 Surakarta; (3) Pengaruh kompetensi dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru SMK N 3 Surakarta.

            Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu dengan menggunakan seluruh populasi guru di SMK N 3 Surakarta yang berjumlah 77 guru sebagai sampel dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

            Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi dan kinerja guru SMK N 3 Surakarta. Hal ini ditunjukkan melalui t hitung > t tabel yaitu 8,152 > 1,995. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komitmen organisasi dan kinerja Guru SMK N 3 Surakarta. Hal ini ditunjukkan melalui nilai t hitung > t tabel yaitu 2,968 > 1,955. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru SMK N 3 Surakarta. Hal ini ditunjukkan melalui nilai F hitung > F tabel, yaitu 82,876 > 3,12.

 

Kata Kunci: Kompetensi, Komitmen Organisasi, Kinerja Guru