Abstrak


Pengaruh Peer Instruction Flipped Classroom dan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI BDP di SMK Negeri 1 Surakarta


Oleh :
Slamet Effendy Yusuf - K7617081 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Peer Instruction Flipped Classroom dan Literasi Digital terhadap hasil belajar ekonomi pada materi bisnis online. Penelitian ini berbentuk eksperimen semu  dengan model penelitian prestest and posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI BDP di SMK Negeri   1 Surakarta, sebanyak 106 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP 1 yang berjumlah 36 orang sebagai kelompok percobaan dan kelas XI BDP 3 sebagai kelompok pengontrol dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penentuan sampel ini menggunakan cluster random sampling. Untuk mengumpulkan berbagai data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Untuk melakukan analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-Test dan Uji N-Gain.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara penerapan model pembelajaran Peer Instruction Flipped Classroom dan Literasi Digital pada siswa di SMK Negeri   1 Surakarta yang dibuktikan dengan uji t dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada kelompok percobaan yang menggunakan model Peer Instruction Flipped Classroom dan Literasi Digital daripada kelompok pengontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran daring tanpa peningkatan literasi digital. Hal tersebut juga dibuktikan oleh hasil uji N-gain yang menunjukkan perbedaan peningkatan skor antara kelompok percobaan dan kelompok pengontrol dengan skor rata-rata 0,65 dibanding 0,33.