Abstrak


Kepribadian Wanita Jawa dan Nilai Pendidikan dalam Novel Suli Karya Yes Ismie Suryaatmaja serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Menganalisis Novel Berbahasa Jawa di SMA


Oleh :
Effendi Ardiansyah - K4215024 - Fak. KIP

Effendi Ardiansyah. K4215024. KEPRIBADIAN WANITA JAWA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SULI KARYA YES ISMIE SURYAATMAJA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MENGANALISIS NOVEL BERBAHASA JAWA DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2022.
Perempuan Jawa seolah sudah kehilangan karakternya, seperti masalah moral, kekerasan, dan pergaulan bebas. Oleh karenanya, peneliti tertarik mengkaji bagaimana kepribadian wanita Jawa dilihat dari sebuah cerita dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) unsur intrinsik novel Suli karya Yes Ismie Suryaatmaja; (2) kepribadian wanita Jawa; (3) nilai pendidikan; dan (4) hasil analisis novel Suli relevansinya sebagai materi ajar menganalisis novel berbahasa Jawa di SMA.
Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan metode analisis dokumen dalam perspektif feminisme. Data penelitian berupa kata, frasa, kalimat, dan wacana dengan unsur instrinsik, nilai kepribadian wanita Jawa, nilai pendidikan, serta relevansinya sebagai materi ajar menganalisis novel berbahasa Jawa di SMA. Sumber data berupa novel berjudul Suli, informan, catatan lapangan, foto, dan silabus. Pengambilan data dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan analisis dokumen. Uji validitas data dengan teknik triangulasi teori dan sumber data, serta dengan teknik analisis data interaktif.
Hasil penelitian berupa: (1) unsur intrinsik yang lengkap dan terlajin dengan baik sehingga membentuk cerita novel yang menarik serta berkesinambungan, seperti tema, tokoh dan penokohan, alur, latar/setting, dan amanat; (2) nilai kepribadian wanita Jawa yang menonjol yaitu penyabar, nriman, setia, berbakti, tepa salira, dan lembut, karena terdapat interaksi/perilaku tokoh wanitanya yang mencerminkan kepribadian seorang perempuan Jawa; (3) nilai pendidikan meliputi: nilai religius, moral, sosial, dan budaya. Namun, nilai yang dominan adalah nilai sosial dan budaya karena perilaku gotong royong, tutur bahasa yang baik, dan berkesenian; serta (4) hasil analisis novel Suli relevan sebagai materi ajar menganalisis novel berbahasa Jawa, karena sesuai dengan kurikulum mata pelajaran bahasa Jawa kelas XI SMA (KD 3.2), bahasa mudah dipahami, dan mengandung teladan bagi siswa.