Abstrak


Pengaruh Stres Belajar terhadap Prestasi Akademik dengan Strategi Coping sebagai Variabel Intervening Pada Siswa Akuntansi SMK Negeri di Surakarta


Oleh :
Sekar Nitya Ananda - K7717066 - Fak. KIP

Sekar Nitya Ananda. K7717066. PENGARUH STRES BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DENGAN STRATEGI COPING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA AKUNTANSI SMK NEGERI DI SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Desember 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh stres belajar terhadap strategi coping siswa akuntansi; (2) pengaruh strategi coping terhadap prestasi akademik siswa akuntansi; (3) pengaruh stres belajar terhadap prestasi akademik siswa akuntansi; dan (4) pengaruh stres belajar secara tidak langsung terhadap prestasi akademik melalui strategi coping pada siswa Akuntansi SMK Negeri.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga kelas XI SMK Negeri di Surakarta yaitu sebanyak 288 siswa. Sampel yang terpilih dengan teknik pengambilan sampel random sampling yaitu sebanyak 167 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan pengujian hipotesis yaitu uji regresi koefisien jalur melalui nilai t pada taraf signifikansi 0,05 dan uji sobel. Data diolah dengan bantuan program pengolahan data Statistical Package fo Social Sciences (SPSS) versi 24.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, stres belajar berpengaruh negatif secara langsung terhadap strategi coping siswa Akuntansi, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig < 0>coping tidak berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa Akuntansi, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,457 (Sig > 0,05). Ketiga, stres belajar berpengaruh negatif secara langsung terhadap prestasi akademik siswa Akuntansi, hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,012 (Sig < 0>coping siswa Akuntansi, ditunjukkan dengan nilai t hitung pada uji sobel kurang dari t tabel yaitu 0,723 < 1>