Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Microsoft Teams Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI SMK N 1 Sukoharjo


Oleh :
Anik Setyaningsih - K7717007 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo dan (2) meningkatkan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Alur penelitian tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI AKL 1 di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Uji validitas angket menggunakan validitas konstruk dan tes hasil belajar menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan  statistik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams dapat meningkatkan motivasi belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo dan (2) penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo. Rata-rata persentase motivasi belajar meningkat 7,88 dan hasil belajar meningkat 9,03 pada siklus II. Peningkatan ini signifikan secara statistik pada ? = 0.05 dengan t= 3,523 dan sig.= 0,001 untuk motivasi dan t= 3,447 dengan sig.= 0,001untuk hasil belajar.

Kata kunci:    Flipped Classroom, Microsoft Teams, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.