Abstrak


Public Governance: Pemerintah dan Masyarakat Saling Menguatkan dalam Kepedulian dan Sinergitas


Oleh :
Rutiana Dwi Wahyunengseh - 196911062003122009 - Fak. ISIP

Buku ini disusun dari refleksi tentang dinamika relasi pemerintah kota dengan masyarakat untuk mengelola kebutuhan masyarakat dengan aneka keterbatasan sumberdaya yang dimiliki, dan ketidaksempurnaan sistem pemerintahan yang melingkupinya. Oleh karena itu buku ini mengambil ju­dul PUBLIC GOVERNANCE: Pemerintah dan Masya­rakat Saling Menguatkan dalam Kepedulian dan Sinergi­tas.  Buku ini akan membahas unsur-unsur dalam relasi governance dalam 3 bagian, yaitu:

Bab pertama akan membahas tentang perkembangan kon­sep governance, untuk mendasari pemahaman tentang entitas governance dan elemen-elemen penyusunnya. Public governance  adalah suatu konsep yang merepresentasikan ke­mampuan pemerintah membantu kemampuan warga masyarakatnya secara inklusif, tanpa diskriminasi, memenuhi kepuasan individual dan kemakmuran material. Mengacu pada konsep tersebut public governance memiliki pilar-pilar penyangga beroperasinya life system tersebut dalam kehi­dupan berbangsa dan bernegara.

Bab kedua akan membahas tentang Pilar-pilar penyangga public governance. Pembahasan tentang pilar penyangga meliputi, yaitu kecakapan kepemimpinan, kebijakan publik yang demokratis, pelayanan publik yang peduli dan berke­adilan bagi semua kelompok dan golongan warga negara tanpa diskriminatif, serta kualitas warga negara yang mema­inkan peran kewarganegaraannya secara unggul.

Bab ketiga akan membahas tentang bagimana relasi unsur-unsur governance dalam perencanaan pembangunan dae­rah. Perencanaan pembangunan merupakan suatu proses untuk mendesain perubahan kesejahteraan daerah/negara me­nuju keadaan yang lebih baik dnegan mengoptimalkan se­mua sumberdaya yang ada untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki; mengatasi tantangan yang ada, melalui strategi-strategi yang terus berkembang sesuai dinami­ka lingkungan regional, nasional, dan global.