Abstrak


Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wuryantoro Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Agnes Bella Safira Hayudita - K3117003 - Fak. KIP

Agnes Bella Safira Hayudita. HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WURYANTORO TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Januari 2022.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Tingkat pola asuh orang tua, (2) Tingkat prestasi belajar siswa, (3) Hubungan antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wuryantoro pada bulan Agustus-September 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara variabel pola asuh orang tua dengan variabel prestasi belajar siswa.

Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wuryantoro sejumlah 50 siswa.Teknik yang digunakan guna memperoleh data adalah angket. Data dari angket diolah menggunakan SPSS dengan menganalisa korelasi product moment dari kedua variabel tersebut.

Berdasarkan penghitungan data, didapatkan angka korelasi antara pola asuh otoriter dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wuryantoro sebesar 0,525 masuk pada kategori sedang dengan kontribusi sebesar 26%, pola asuh permisif dengan prestasi belajar siswa masuk pada kategori lemah ditunjukkan melalui angka korelasi sebesar -0,313 dengan kontribusi sebesar 9,8%, pola asuh demokratis dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wuryantoro masuk pada kategori sedang ditunjukkan melalui angka korelasi sebesar 0,604 dengan kontribusi sebesar 36,5%. Hal ini berarti hipotesis penelitian ini diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Wuryantoro Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini hendaknya menjadi salah satu bahan evaluasi bagi para orang tua dalam penggunaan pola asuh yang tepat pada anak guna mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak secara optimal.