Abstrak


Pemanfaatan Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) dalam Produksi Kue Kuping Gajah dengan Variasi Penambahan Daun Jeruk


Oleh :
Illalmas Maqfiroh - H3118033 - Sekolah Vokasi

Merek produk kue kuping gajah dengan penambahan kulit buah naga dan daun jeruk adalah “kue kuping gajah nagaru”. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kue kuping gajah ini yaitu kulit buah naga merah, daun jeruk, tepung terigu, telur, mentega, santan, garam, dan gula. Proses pembuatan kue kuping gajah sebagai berikut mencampuran seluruh bahan (adonan warna merah dengan penambahan kulit buah naga sedangkan adonan warna putih tanpa penambahan kulit buah naga), pengulenan, pemipihan adonan, peletakan adonan putih diatas adonan merah, penggulunga adonan, penyimpanan dalam freezer, pengirisan adonan, penggorengan, pengemasan. Kemasan berupa standing pounch berbahan dasar plastik Polypropylene (PP).
Kue kuping gajah dengan penambahan kulit buah naga merah dan daun jeruk dilakukan analisis sensori dan analisis kimia. Analisis sensori dengan metode uji kesukaan. Analisis sensori dilakukan dengan tujuan untuk menentukan formula penambahan daun jeruk yang terbaik. Formula yang disajikan ada 3 yaitu penambahan daun jeruk 2,5 g; daun jeruk 5 g; daun jeruk 7,5 g. Didapatkam hasil analisis sensori formula terbaik pada penambahan daun jeruk 2,5 g. Selanjutnya dilakukan analisis kimia pada formula penambahan daun jeruk 2,5 g yang meliputi uji kadar air, antosianin, dan antioksidan. Hasil dari uji kadar ar sebesar 4,597%; antosianin sebesar 3,6104 ppm, antioksidan sebesar 27,8595%. Kemudian menentukan layak tidak usaha kue kuping gajah ini dilakukan analisis ekonomi yang didapat hasil dari IRR 285,26 %, yang berarti usaha layak dijalankan karena hasil IRR >DF (5%) dan nilai Net B/C ratio yaitu 1,20 yang artinya usaha ini layak dijalankan karena B/C>1.