;

Abstrak


Pengaruh Komunikasi Word of Mouth (WOM), Terpaan Media, Budaya Jawa, Ajaran Agama Islam Terhadap Pengambilan menggunakan Jasa Ojek Online Perempuan


Oleh :
Mohammad Soleh - S231808016 - Fak. ISIP

ABSTRAK

MOHAMMAD SOLEH. NIM: S231808016. PENGARUH KOMUNIKASI WORD OF MOUTH (WOM), TERPAAN MEDIA, BUDAYA JAWA, DAN AJARAN AGAMA ISLAM, TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA OJEK ONLINE PEREMPUAN. Pembimbing I: Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni M. Si. Pembimbing II: Sri Hastjarjo, S. Sos., Ph. D. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini fokus pada fenomena penolakan terhadap pelayanan dari pengemudi ojek online perempuan terutama dari pelanggan laki-laki. Teori yang digunakan antara lain: Teori tentang Word of Mouth (WOM), Terpaan media, Budaya jawa, Ajaran agama Islam, Pengambilan keputusan, dan Steorotip Gender. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 350 responden yang tersebar di Jakarta dan Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner baik secara offline maupun dengan online melalui google forms. Teknik analisis data menggunakan regresi logistik. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Komunikasi WOM tentang steorotip perempuan terhadap Pengambilan Keputusan menggunakan jasa ojek online dengan Pengemudi perempuan, (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Terpaan media tentang steorotip perempuan terhadap Pengambilan Keputusan menggunakan jasa ojek online dengan Pengemudi perempuan, (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara ketaatan terhadap budaya Jawa terhadap Pengambilan Keputusan menggunakan jasa ojek online dengan Pengemudi perempuan, (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara ketaatan terhadap ajaran agama Islam dan Pengambilan Keputusan menggunakan jasa ojek online dengan Pengemudi perempuan, (5) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara Komunikasi WOM, Terpaan media , ketaatan kepada budaya Jawa dan ketaatan kepada ajaran agama Islam terhadap Pengambilan Keputusan menggunakan jasa ojek online dengan Pengemudi perempuan.