Abstrak


Administrasi Kearsipan di Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Faisal Yoga Wibowo - D1518035 - Sekolah Vokasi

Tujuan pengamatan ini adalah Untuk mendiskripsikan administrasi kearsipan di bagian kesejahteraan rakyat sekretariat daerah kabupaten karanganyar dan juga untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadai Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar dalam pelaksanaan administrasi  kearsipan.
Tugas Akhir ini ditulis dengan menggunakan metode pengamatan deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan tugas dengan ikut aktif dalam mengikuti kegiatan sehari-hari dan melakukan kegiatan secara langsung bersama dengan objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil pengamatan yang diperoleh penulis yaitu administrasi kearsipan yang dilaksanakan di Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar sudah cukup baik. Mulai dari penerimaan arsip langsung dicatat menggunakan aplikasi simpatik dan buku agenda, Penyimpanan arsip dengan menggunakan asas campuran yang memudahkan dalam peminjaman arsip, Pemeliharaan ruangan dan fasilitas kearsipan yang dilakukan secara teratur, Kegiatan penyusutan arsip yang sudah tidak aktif, Fasilitas kearsipan yang memadahi sehingga memudahkan dalam pengelolaan arsip.

Kata Kunci : Arsip, Administrasi, Kearsipan, Penerimaan, Penyimpanan,