Abstrak


Pelaksanaan Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan Terhadap Pencatatan dan Penerbitan Akta Kematian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali


Oleh :
Tangkas Wahid Prakoso - E3117119 - Sekolah Vokasi

Penelitian  ini  mendeskripsikan  dan  mengkaji  permasalahan,  pertama,
pelaksanaan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan terhadap pencatatan dan penerbitan akta kematian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali. Kedua, faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan terhadap pencatatan dan penerbitan akta kematian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hukum empiris atau yuridis empiris. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari data primer dan data skunder. Teknik  analisis  data  yang digunakan  adalah  reduksi  data, penyajian  data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pelaksanaan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan terhadap pencatatan dan penerbitan akta kematian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali dilakukan dengan sosialisasi. Sosialisasi program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan dilaksanakan pada tahun 2018, tahun 2019 dan tahun
2020. Faktor penghambat pelaksanaan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) terhadap pencatatan dan penerbitan akta kematian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali yaitu, masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat Boyolali dalam pengurusan akta kematian. Selain itu, peristiwa kematian hanya sebatas pelaporan kepada pihak desa atau kelurahan tanpa ada tindak lanjut mengurus akta kematian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali. Faktor pendukung pelaksanaan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) terhadap pencatatan dan penerbitan akta kematian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali menempuh langkah- langkah antara lain: membuat inovasi baru untuk pelayanan administrasi kependudukan dengan program jemput bola, pelayanan online dan memanfaatkan media sosial.

Kata Kunci : Pelaksanaan Program GISA, Disdukcapil Kabupaten Boyolali, Pencatatan dan Penerbitan Akta Kematian.