Abstrak


Pengaruh Kualitas Makanan, Sikap, dan Keyakinan Terhadap Niat Beli pada Restoran Oriental Halal di Surakarta


Oleh :
Kevin Dwiky Anantha Sumarsono - F0217060 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini meneliti peran kualitas makanan, sikap, dan keyakinan dalam mempengaruhi niat beli konsumen pada restoran oriental halal di Surakarta. Selain itu, juga bertujuan untuk menjelaskan dimensi-dimensi dari kualitas makanan dan peran mediasi dari keyakinan serta sikap terhadap hubungan antara kualitas dan niat beli. Penelitian ini dibatasi pada Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kota Surakarta dan memiliki niat untuk membeli makanan pada restoran oriental halal.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara online (daring) dengan Teknik snowballing sampling dalam pengambilan data. Diperoleh sebanyak 337 responden , namun hanya 289 responden yang memenuhi kriteria untuk di analisis lebih lanjut. Pengujian data dilakukan dengan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).Pengujian data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi pengujian instrumen, pengujian model, pengujian mediasi, dan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 3.
Hasil daripada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas makanan memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap dan keyakinan. Namun kualitas tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Walau demikian keyakinan dan sikap memediasi penuh (fully mediated) hubungan antara kualitas makanan dan niat beli. Selain itu pada penelitian ini diketahui kebersihan, kehalalan, Kesehatan, dan kesegaran merupakan dimensi dari kualitas makanan.

Kata kunci: kualitas, sikap, keyakinan, niat membeli, niat membeli di restoran, kehalalan, kebersihan, kesegaran, kesehatan