;

Abstrak


Meta-Analisis Hubungan Pengungkapan Status HIV dan Dukungan Sosial Dengan Kepatuhan Terapi Anti Retroviral pada Pasien Dewasa Dengan HIV/AIDS


Oleh :
Musta’inul Habibi - S021908033 - Sekolah Pascasarjana

Latar belakang: Terapi antiretroviral (ART) telah berhasil meningkatkan rentang hidup dan kualitas hidup ODHA. Keberhasilan pengobatan antiretroviral dapat dinilai dari kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter pada waktu dan dosis yang tepat. Pengungkapan status HIV dan dukungan sosial adalah faktor yang terkait dengan kapatuhan terapi antiretroviral (ART). Penelitian bertujuan untuk mengestimasi besarnya pengungkapan status HIV dan dukungan sosial dengan kepatuhan terapi anti retroviral kepada pasien dewasa dengan HIV/AIDS dengan studi meta analisis.
Subjek and Metode: Penelitian ini merupakan systematc review  dan meta -analisis yang dilakukan dengan PRISMA diagram  flow. Pencarian artikel melalui database jurnal meliputi: Google Scholar, , PubMed, Google Scholar dan Science Direct. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu artikel yang telah dipublikasi dari tahun 2010-2021. Kata kunci untuk mencari artikel adalah sebagai berikut: “disclosing HIV and adherence antiretroviral”,“Social Support or family support and adherence antiretroviral”. Kriteria inklusi adalah  full text dengan desain studi cross-sectional, artikel menggunakan bahasa Inggris, analisis yang digunakan multivariat dengan adjusted Odds Ratio. Artikel yang memenuhi syarat dianalisis menggunakanaplikasiRevman5.4.
Hasil: Meta-analisis dari 9 studi observasional menunjukkan pasien yang mengungkapan status HIV dapat meningkatkan kepatuhan terapi antiretroviral 2.3 kali dibandingkan pasien yang tidak mengungkapkan secara signifikan (aOR = 2.36  CI 95% = 1.75 hingga 3.19;  p= < 0 xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Pengungkapan status HIV dan dukungan sosial meningkatkan kepatuhan terapi antiretroviral pada pasien dewasa dengan HIV/AIDS.

Kata kunci: Kepatuhanan, Terapi antiretroviral, HIV/AIDS, Pengungkapan status HIV, Dukungan sosial.