Abstrak


Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Kontrol Diri, dan Pemikiran Deliberatif Terhadap Perilaku Keuangan Siswa SMA di Surakarta


Oleh :
Saadatul Ardillah - K7616060 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai (1) pengaruh pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan siswa SMA di Surakarta, (2) pengaruh kontrol diri terhadap perilaku keuangan siswa SMA di Surakarta, (3) pengaruh pemikiran deliberatif terhadap perilaku keuangan siswa SMA di Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA di Surakarta sejumlah 17.891 siswa dan sampel penelitian yang ditetapkan yaitu 392 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa Convenience sampling. Teknik pengambilan datanya menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh yang positif pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan siswa SMA di Surakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabe yaitu 11,726 > 1,966. Kedua, terdapat pengaruh positif kontrol diri terhadap perilaku keuangan siswa SMA di Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,046 > 1,966. Ketiga, terdapat pengaruh positif pemikiran deliberatif terhadap perilaku keuangan siswa SMA di Surakarta yang ditunjukkan dengan t hitung > t tabel yaitu 3,909 > 1,966.

Kata kunci : pengetahuan keuangan, kontrol diri, pemikiran deliberatif, perilaku keuangan