Abstrak


Pembangunan Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Al Firdaus Surakarta)


Oleh :
Devinda Eka Sagita - M3118025 - Fak. MIPA

Pada Yayasan Al Firdaus terdapat banyak barang yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran dan aktivitas yang ada. Namun, belum adanya sistem informasi inventaris membuat Yayasan Al Firdaus kesulitan dalam pengelolaannya. Yayasan Al Firdaus juga ingin melakukan pengelolaan inventaris barang dibedakan di tiap unitnya. Sebagai solusinya yaitu dengan membuat sistem informasi inventaris barang berbasis web pada Yayasan Al Firdaus sehingga dapat membantu mempermudah dalam pengelolaan barang di tiap unit.
Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web dibuat dengan perancangan analisis permodelan Use Case Diagram, Activity Diagram, Proses Bisnis. Menggunakan bahasa pemrograman Javascript dengan menggunakan framework CodeIgniter4 dan database MongoDB, serta perancangan basis data dengan menggunakan permodelan Entity Relationship Diagram .
Berdasarkan hasil laporan Tugas Akhir Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web, sistem telah berjalan dengan baik dan telah teruji dengan menggunakan metode pengujian Black Box. Sistem informasi ini selain dapat untuk melakukan pengelolaan barang di tiap unit juga dapat melakukan peminjaman barang antar unit.


Kata kunci : Sistem Informasi, Javascript, CodeIgniter4, MongoDB.