Abstrak


Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dalam Meningkatkan Pelayanan Publik


Oleh :
Audia Zulfa Puspasari - K7514011 - Fak. KIP

Audia Zulfa Puspasari. ANALISIS PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) OLEH PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2020.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemanfaatan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) oleh pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, (2) Hambatan atau kendala yang ditemui dalam pemanfaatan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta yang diproksikan dengan variabel model Van Horn dan Meter (ukuran dasar, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, komunikasi antar organisasi, disposisi implementor), dan (3) Hasil peningkatan pelayanan oleh kinerja pegawai dengan adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling kemudian dilanjutkan teknik bola salju (Snowball sampling). Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Sedangkan untuk validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Simpulan penelitian ini adalah (1) pemanfaatan SIAK di Kota Surakarta yang dilakukan oleh operator telah sesuai prosedur yang ada, (2) Hasil penelitian di lapangan menghasilkan temuan antara lain: a. sumberdaya baik aparat maupun fasilitas masih kurang, b. komunikasi sudah berjalan dengan adanya sosialisasi dan koordinasi namun ada kesulitan-kesulitan dalam berkomunikasi yang harus diperhatikan agar tidak terjadi konflik, c. selain itu dukungan antar bidang atau badan lain diperlukan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berakibat konflik,

d. kemampuan yang berbeda-beda dari setiap aparat pelaksana menjadi hambatan yang akan mengakibatkan respon dan juga intensitas melaksanakan kebijakan ini akan sedikit terhambat. Dan (3) pemberian pelayanan publik di DispendukCapil Kota Surakarta mengalami peningkatan baik dengan adanya SIAK ini.