Abstrak


Implementasi Nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia Masa Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Wonogondo Tahun 2021/2022


Oleh :
Chorin Luthfa Eka Saputri - K7118059 - Fak. KIP

Chorin Luthfa Eka Saputri. K7118059. IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA SILA PERSATUAN INDONESIA MASA PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WONOGONDO TAHUN 2021/2022. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui implementasi dari nilai Pancasila sila Persatuan Indonesia pada Masa Pembelajaran Daring peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data primer dari penelitian ini adalah hasil wawancara kepada peserta didik yang dijadikan subjek, orang tua peserta didik yang dijadikan subjek dan guru kelas V SD Negeri 2 Wonogondo. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi foto pada saat penelitian dan observasi pembelajaran daring. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi Teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai Pancasila sila Persatuan Indonesia di SD Negeri 2 Wonogondo berada pada kategori baik, namun masih masih terdapat 33% peserta didik yang hanya memenuhi dua dari empat deskriptor pada indikator kebersamaan. Indikator cinta tanah air dan bangsa serta menghargai perbedaan berada pada kategori baik, namun pada indikator kebersamaan berada pada kategori sedang. Dari 12 deskriptor implementasi nilai sila Persatuan Indonesia yang memiliki skor total 100, peserta didik rata-rata memperoleh skor 85. Maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi nilai Pancasila sila Persatuan Indonesia selama masa pembelajaran daring peserta didik kelas V SD Negeri 2 Wonogondo  tahun ajaran 2021/2022 berada pada kategori baik.