Abstrak


Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan (pada Perusahaan Subsektor Pulp dan Kertas yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2020)


Oleh :
Riska Bety Wahyuningsih - F3318070 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kinerja keuangan pada perusahaan subsektor pulp dan kertas yang terdaftar di BEI periode 2016-2020.
Langkah untuk penelitian ini adalah menggunakan metode analisis horisontal dengan teknik analisis rasio keuangan yang terdiri atas rasio likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan jumlah kewajiban PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, dan PT Toba Pulp Lestari Tbk memiliki nilai yang tinggi dan cenderung meningkat, sehingga perusahaan tidak mampu menjamin kewajibannya menggunakan aset dan ekuitas yang dimiliki. Perusahaan juga belum maksimal dalam mengelola aset dan ekuitas, sehingga laba yang diperoleh belum maksimal.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dilihat dari rasio likuiditas perusahaan yang memiliki kondisi liquid adalah PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, sedangkan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk dan PT Toba Pulp Lestari Tbk memiliki kondisi illiquid. Dilihat dari rasio solvabilitas dan profitabilitas, ketiga perusahaan memiliki kondisi yang tidak baik.
Berdasarkan temuan dari penelitian, penulis merekomendasikan agar perusahaan dapat mengelola aset dan ekuitas dengan baik agar meminimalkan tingkat likuiditas dan meminimalkan biaya-biaya, sehingga dapat diperoleh laba yang maksimal.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas.