Abstrak


Analisis Pertumbuhan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan Sebagai Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Wonogiri Tahun 2017-2020


Oleh :
Ranum Gandani Afifah - F3418052 - Sekolah Vokasi

Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui laju pertumbuhan dan tingkat efektivitas penerimaan pajak mineral bukan logam dan batuan di Kabupaten Wonogiri tahun 2017-2020. Penelitian ini juga untuk mengetahui hambatan dalam melakukan pemungutan pajak mineral bukan logam dan batuan di Kabupaten Wonogiri.
Langkah penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan studi pustaka. Wawancara dilakukan dengan pihak BPKD Kabupaten Wonogiri sedangkan studi pustaka untuk memperoleh informasi dari buku dan internet.
Hasil dari penelitian ini adalah pertumbuhan pajak mineral bukan logam dan batuan paling tinggi di tahun 2018 dengan persentase sebesar 11,38%. Hal ini karena terdapat penambahan wajib pajak. Pertumbuhan pajak mineral bukan logam dan batuan mengalami penurunan di tahun 2020 dengan persentase -37,68% disebabkan adanya pandemi covid-19.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah laju pertumbuhan pajak mineral bukan logam dan batuan di Kabupaten Wonogiri tahun 2017-2020 mengalami fluktuasi. Persentase tingkat efektivitas selalu >100% sehingga dikatakan sangat efektif.

Kata kunci : Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Laju Pertumbuhan,
Tingkat Efektivitas