Abstrak


Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Whatsapp Grup Selama Wabah Covid-19 di Kelas V SDN 1 Brujul


Oleh :
Nia Amarthani - K7117158 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran matematika melalui whatsapp grup selama wabah covid-19 di kelas V SDN 1 brujul.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini pengumpul data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan teknik analisis data Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan enam fokus makna dimana ada pelaksanaan pembelajaran, fasilitas pembelajaran, penyajian materi, pemantauan, pemahaman materi dan hasil belajar. Keenam makna tersebut saling berkaitan, yang dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan  whatsapp grup di kelas V SDN 1 Brujul kurang efektif. Ketidakefektifan ini disebabkan oleh fasilitas yang kurang efektif, kurangnya penyajian materi, kurangnya bimbingan dari guru serta kendala yang muncul selama proses pembelajaran.

Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Whatsapp Grup dan Matematika