Abstrak


Pengaruh Fasilitas Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Selama Pandemi di SMK Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Aisyah Nurul Ichsan - K7518006 - Fak. KIP

Aisyah Nurul Ichsan. PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN SELAMA PANDEMI DI SMK KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar otomatisasi dan tata kelola kepegawaian siswa SMK Kabupaten Karanganyar selama masa pandemi Covid-19; (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar otomatisasi dan tata kelola kepegawaian siswa SMK Kabupaten Karanganyar selama masa pandemi Covid-19; dan (3) pengaruh fasilitas belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar otomatisasi dan tata kelola kepegawaian siswa SMK Kabupaten Karanganyar selama masa pandemi Covid-19.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Kabupaten Karanganyar. Dari total populasi 4 SMK OTKP di Kabupaten Karanganyar kemudian diambil sub populasi yaitu SMK Negeri 1 Karanganyar dan SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar sebagai tempat penelitian yang dipilih berdasarkan besarnya jumlah siswa pada sekolah tersebut. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik proportional random sampling yang diperoleh sampel sebanyak 144 siswa, meliputi 46 siswa SMK Negeri 1 Karanganyar dan 98 siswa SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar yang dipilih secara proporsional berdasarkan jumlah siswa pada tiap kelas di masing-masing sekolah. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji prasyarat yang meliputi uji nomalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji autokorelasi.

Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar (X1) terhadap hasil belajar OTK Kepegawaian selama masa pandemi (Y) yang dibuktikan dengan hasil thitung 8,450 > ttabel 1,976 dan signifikansi 0,000 < 0> ttabel 1,976 dan signifikansi 0,012 < 0> Ftabel 3,06 dan signifikansi 0,000 < 0>

Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar, Pandemi  Covid-19