Abstrak


Tata Kelola Kearispan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Asyifa Nida Silmia - K7518015 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penyelenggaraan tata kelola kearsipan di BKPSDM Kabupaten Karanganyar, 2) kendala yang terdapat dalam pelaksanaan tata kelola kearsipan di BKPSDM Kabupaten Karanganyar. dan 3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam pelaksanaan tata kelola kearsipan di BKPSDM Kabupaten Karanganyar. 
Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari informan, peristiwa, dokumen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diperoleh dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif dengan tahapan: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dengan tahapan: 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan dan 3) tahap akhir.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyelenggaraan tata kelola kearsipan meliputi: (a) pengelolaan kearsipan dan (b) pendukung pengelolaan kearsipan. 2) Penyelenggaraan tata kelola kearsipan memiliki kendala diantaranya: (a) tidak tersedia tenaga arsiparis yang mengakibatkan pegawai merangkap tugas, (b) pengelola arsip bukan berasal dari latar belakang ilmu kearsipan dan (c) terbatasnya jumlah sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan tata kelola kearsipan. 3) Solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala tersebut antara lain: (a) pemanfaatan teknologi dengan mengembangkan arsip digital dan membuat sistem kearsipan berbasis web, (b) bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar guna memberikan pembinaan kepada pegawai dalam bidang pengelolaan kearsipan.