Abstrak


Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Pola Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP Universitas Sebelas Maret di Masa Pandemi Covid-19


Oleh :
Muhammad Ferri Hermawan - K7517044 - Fak. KIP

ABSTRAK

Muhammad Ferri Hermawan. PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar, (2) mengetahui pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan smartphone dan pola belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. 
Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNS merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 42 mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNS. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling pada mahasiswa PAP Angkatan 2018. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji instrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Prasyarat dengan menggunakan uji asumsi klasik sedangkan uji hipotesit dengan menggunakan regresi linear berganda, uji-T, uji-F dan koefisien determinasi.
Penelitian ini dapat disimpulkan : (1) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel sebesar 0.233 < 2>     
 Kata kunci : penggunaan smartphone, pola belajar, prestasi belajar