;

Abstrak


Hubungan antara Gambaran Khas Contrast Enhancement Computed Tomograph (CT) Scan dengan Kadar Alfa Feto-Protein (Afp) pada Karsinoma Sel Hati (KSH) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Lily Suherly - S211902003 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar belakang: Karsinoma sel hati (KSH) merupakan jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian serta jenis kanker hati primer yang paling umum. Sekitar 70-90% kanker hati primer merupakan KSH. Menurut konsensus nasional Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (2017), kriteria diagnosis KSH ditentukan berdasarkan tiga faktor, yaitu latar belakang penyakit hati kronis, tumor marker (AFP?200 ng/ml), dan pemeriksaan radiologi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gambaran CT scan dengan kadar AFP pada pasien suspek KSH.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik cohort retrospektif dengan melihat data dan rekam medis pasien. Penelitian ini dilakukan pada pasien suspek KSH dan dilakukan pemeriksaan AFP serta CT-Scan abdomen kontras di RSUD Dr. Moewardi Surakarta sejak Januari 2019 hingga Juli 2021. Analisis data dilakukan menggunakan mann-whitney serta kurva ROC.

Hasil: Didapatkan kadar nilai rata-rata pada kelompok gambaran CT Scan yang menunjang diagnosis KSH sebesar 203,88±193,49 ng/ml dan pada kelompok gambaran CT Scan yang tidak menunjang diagnosis KSH sebesar 105.82±167.23 adapun nilai p=0.000<0>

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara gambaran CT Scan abdomen kontras dengan kadar AFP pada pasien KSH di RSUD Dr. Moewardi. Nilai Cut-off kadar AFP 12,31 ng/mL dapat menjadi screening awal yang baik pada pasien suspek KSH.