Abstrak


Analisis Tipologi dan Sektor Unggulan Wilayah dalam Arahan Pengembangan Ekonomi Wilayah Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015-2019


Oleh :
Ajeng Pangesti - K5418005 - Fak. KIP

Ajeng Pangesti. K5418005. ANALISIS TIPOLOGI DAN SEKTOR UNGGULAN WILAYAH DALAM ARAHAN PENGEMBANGAN EKONOMI WILAYAH KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2015-2019 Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2022.

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui tipologi wilayah masing-maisng kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2015-2019, (2) mengetahui sektor unggulan masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, (3) merancang arahan pengembangan ekonomi wilayah sesuai dengan kondisi masing-masing kabupaten/kota. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan keruangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dengan Teknik pengambilan sampel jenuh. Sehingga 35 kabupaten/kota dilakukan perhitungan mengenau tipologi dan sektor unggulan wilayah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi literatur. Wawancara digunakan untuk melakukan validasi data kepada Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan pengambilan data menggunakan studi literatur untuk memperoleh data sekunder melalui BPS, USGS, maupun sumber lainnya. Teknik analisis data menggunakan tipologi Klassen, location questients, dynamic location questients, Shift Share, dan cluster.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonogiri stagnan pada daerah relatif tertinggal selama kurun waktu 5 tahun. Sedangkan Kota Semarang stagnan pada daerah cepat maju dan cepat tumbuh. Sektor real estate hanya mampu menjadi sektor unggulan pada Kota Semarang. Pengembangan ekonomi wilayah dapat dibentuk dengan melihat tipologi dan sektor unggulan wilayah guna membentuk arahan yang sesuai dengan kondisi masing-masing wilayah. Sehingga peningkatan laju pertumbuhan ekonomi didasarkan dengan kondisi wilayah.

Kata kunci: DLQ, LQ, Shift Share, Tipologi Klassen