;

Abstrak


Pengaruh Terapi Akupunktur Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi: Meta-Analisis


Oleh :
Faricha Indra Hapsari - S022002011 - Sekolah Pascasarjana

Hipertensi adalah keadaan patofisiologis tubuh dimana terjadi kenaikan tekanan darah sistolik >140 mmHg dan 90 mmHg tekanan diastolik pada dua kali pengukuran dengan selang waktu 5 menit dalam keadaan istirahat/ tenang. Akupunktur adalah pengobatan tradisional Cina untuk mengobati penyakit, termasuk yang terkait dengan sistem kardiovaskular, seperti hipertensi. Akupunktur memodulasi sistem regulasi neurohumoral dan fungsi kardiovaskular. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengestimasi besarnya efektivitas pemberian terapi akupunktur terhadap penurunan TD pada pasien hipertensi berdasarkan hasil penelitian serupa sebelumnya.
Penelitian ini merupakan review sistematis dan meta-analisis, dengan PICO, yaitu Population= kasus hipertensi usia 20-80 tahun. Intervention= terapi akupunktur. Comparison= Sham/ Placebo/ No Treatment Akupunktur. Outcome= Tekanan darah. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa database antara lain Google Scholar, MEDLINE/PubMed, Science Direct, Hindawi, BMC, Europe PMC dan Springer Link. Artikel-artikel ini dikumpulkan selama 1 bulan. Kata kunci untuk mencari artikel adalah sebagai berikut: “acupuncture”, “hypertension” , “randomized controlled trial”, “hypertension randomized controlled trial”, “acupuncture randomized controlled trial”, “acupuncture for primary hypertension”, “acupuncture for hypertension essential” AND ”acupuncture for blood pressure”. Artikel termasuk dalam penelitian ini adalah artikel full text dengan desain studi randomized controlled trial. Artikel dikumpulkan menggunakan PRISMA flow diagram dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi Review Manager (RevMan) 5.3.
Sebanyak 9 artikel ditinjau dalam penelitian meta-analisis ini. Artikel berasal dari Amerika, Jerman, Korea, Cina, India dan Taiwan. Studi menunjukkan bahwa terapi akupunktur mampu mengurangi tekanan darah sistol dengan Standardized Mean Different sebesar 0.54 dibandingkan dengan sham/placebo akupunktur/no treatment (SMD 0.54; CI 95%= -1.04 hingga -0.04; p<0>0.49; CI 95%= -0.99 hingga 0.02; p>0.05).
Kesimpulan: Akupunktur dapat menurunkan tekanan darah sistol, namun kurang signifikan menurunkan tekanan darah diastol pada pasien hipertensi.

Kata kunci: Acupuncture hypertension, Acupuncture high blood pressure, Meta- analisis