Abstrak


Sistem Informasi Perizinan Penelitian Online Studi Kasus : Dinas Kesehatan Surakarta


Oleh :
Ita Putri Widyaningsih - M3118042 - Sekolah Vokasi

Perizinan merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan legalitas kepada seseorang untuk melakukan kegiatan tertentu. Sedangkan perizinan penelitian adalah suatu kegiatan untuk memberikan legalitas kepada seorang peneliti untuk melakukan penelitian tertentu.
Dinas Kesehatan Surakarta merupakan Lembaga yang bergerak dibidang Kesehatan yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan pemerintah daerah bidang kesehatan berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan. Pada Dinas Kesehatan Surakarta juga berwenang memberikan izin untuk seseorang yang akan melakukan penelitian dibidang kesehatan pada lingkup Dinas Kesehatan Surakarta, yakni terdapat 17 Puskesmas dan 1 Rumah Sakit, oleh karena itu diperlukan sebuah sistem untuk mengelola perizinan tersebut.
Hasil dari penelitian ini merupakan sistem informasi perizinan penelitian online berbasis website yang memiliki fitur pengajuan penelitian, pengecekan status pengajuan, serta untuk mengunggah hasil penelitian untuk mendapatkan bukti selesai penelitian. Kemudian terdapat fitur notifikasi secara real-time jika terdapat pengajuan penelitian baru, sehingga akan mempercepat untuk memperoleh izin penelitian.

Kata Kunci : Sistem Perizinan Penelitian Online, Pengajuan Penelitian, Status Penelitian, Hasil Penelitian, Notifikasi.