Abstrak


Pengaruh Persepsi Iklan Terhadap Purchase Intention dengan Attitude Toward Online Advertising (ATOA) dan Attitude Toward Brand (ATB) Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Iklan Erigo di Instagram)


Oleh :
Bintang Novini - F1219016 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi iklan online dengan purchase intention, melalui attitude toward online advertising (ATOA), dan attitude toward brand (ATB).
Desain/metodologi/pendekatan - Sampel yang digunakan 332, dengan kriteria pengguna instagram yang memiliki niat beli produk Erigo setelah melihat iklan online di Instagram (stories, feed, dan explore). Pengambilan sampel menggunakan kuesioner online (google form) yang disebar melalui Whatsapp, Instagram, dan Twitter. Metode yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variabel adalah analisis Partial Least Squares (PLS)-SEM.
Hasil - Pada penelitian ini menunjukan hasil persepsi iklan memiliki pengaruh signifikan terhadap ATOA, persepsi iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ATB, ATOA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ATB, persepsi iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention, ATOA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention, dan ATB memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention. Selain itu pengujian pada mediasi menunjukan bahwa variabel ATOA dan ATB memediasi secara parsial.
Orisinalitas/nilai - Penelitian ini menambahkan attitude toward brand (ATB) sebagai variabel mediasi. Objek yang digunakan adalah media sosial Instagram serta penelitian ini dilakukan di Indonesia

Kata Kunci: Persepsi Iklan, Sikap Terhadap Iklan Online, Sikap Terhadap merek, Niat Beli