Abstrak


Analisis Penerimaan Pajak Hotel Kabupaten Sukoharjo Dengan Adanya Pandemi Covid-19


Oleh :
Andika Yoga Pratama - F3418008 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi pajak hotel, mengetahui tingkat efektivitas realisasi penerimaan pajak hotel, dan dampak pandemi Covid-19. Selain itu juga untuk mengetahui upaya meningkatkan penerimaan Pajak Hotel di Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah tingkat efektivitas untuk realisasi penerimaan Pajak Hotel sangat efektiv dan selalu melebihi target yang ditentukan. Dampak Pandemi Covid-19 membuat penerimaan Pajak Hotel tahun 2020 turun.
Tingkat kontribusi Pajak Hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sukoharjo tergolong kurang memberikan kontribusi. Hambatan mencapai target penerimaan pajak hotel adalah tidak meratanya sumbangan wajib pajak dan Pandemi Covid-19.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Tingkat efektivitas realisasi penerimaan sangat efektiv. Kontribusi dari Pajak Hotel kurang memberikan kontribusi. Akibat Pandemi Covid-19 membuat penerimaan Pajak Hotel Tahun 2020 Turun.

Kata Kunci : Efektivitas, Kontribusi, Pajak Hotel