Abstrak


Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Transparan pada Keterbukaan Karyawan Untuk Berubah : Peran Mediasi Kepercayaan Karyawan


Oleh :
Indra Dwi Saputra - F0218049 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

           Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional, komunikasi transparan dalam menumbuhkan kepercayaan karyawan. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki  interaksi antara kepemimpinan transformasional, komunikasi transparan, dan kepercayaan karyawan, serta dampaknya terhadap keterbukaan karyawan untuk berubah. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh karyawan Pemerintah Kabupaten Magelang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 189 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian dilakukan daengan convenience sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini  menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Smart PLS (V.3.2.9).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan karyawan  selama perubahan berpengaruh secara positif pada keterbukaan karyawan untuk berubah. Kepemimpinan transformasional selama perubahan berpengaruh secara  positif pada kepercayaan karyawan. Namun, Kepemimpinan transformasional selama perubahan  tidak berpengaruh pada keterbukaan karyawan untuk berubah. Komunikasi transparan selama perubahan berpengaruh secara positif pada kepercayaan karyawan. Komunikasi transparan selama perubahan berpengaruh secara positif pada keterbukaan karyawan untuk berubah. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepercayaan karyawan memiliki pengaruh mediasi kepemimpinan transformasional dan komunikasi transparan pada keterbukaan karyawan untuk berubah.