Abstrak


Peran Humas dalam Publikasi Kegiatan-Kegiatan Sekretariat Daerah Kabupaten Toba Melalui Media Sosial Facebook


Oleh :
Eric Yohannes Sirait - D1618010 - Sekolah Vokasi

Di era teknologi komunikasi dan informasi, Hubungan Masyarakat (Humas) pemerintahan dituntut bergerak cepat mengisi ruang informasi publik. Jangan sampai, informasi yang beredar di masyarakat menjadi batu sandungan pemerintah dalam menjalankan roda pembangunan.
Maka dari itu, Humas pemerintahan mesti bekerja keras dalam menyampaikan informasi terkait hal yang sudah dilakukan. Dalam hal ini agar terjadi komunikasi timbal balik serta menghasilkan citra yang baik, maka Humas pemerintah Kabupaten Toba berperan aktif dalam mempublikasikan kegiatan pemerintahannya.
Melalui Facebook sebagai salah satu media sosial, masyarakat dapat mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan Bupati dan Pemerintah Kabupaten Toba sehingga masyarakat bisa berinteraksi dan menyampaikan langsung aspirasi mereka melalui akun Facebook Kantor Humas Kaupaten Toba.
Penulis menjalani kegiatan Kuliah Magang Mahasiswa Kurang lebih 2 Setengah Bulan. Mendapatkan ilmu baru yang belum pernah didapat sebelumnya di bangku kuliah serta memperoleh pengalaman kerja kehumasan yang nyata selama pelaksanaan magang. Penulis ditugaskan untuk Meliput, Mendokumentasikan, dan Membuat Rilis Berita dari kegiatan pejabat.
Penulis merasa sangat bersyukur dapat menjalankan kegiatan Kuliah Magang Mahasiswa dengan lancar. Tentunya hal tersebut berkat bantuan orang-orang sekitar seperti staff Humas dan Protokol Kabupaten Toba. Penulis dapat mengetahui secara langsung bagaimana bidang Hubungan Masyarakat bekerja di tengah-tengah pemerintahan. Penulis juga belajar bagaimana sebuah pemerintahan bekerja lewat koordinasi yang dilakukan langsung di lapangan.