Abstrak


Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Patikraja Tahun Ajaran 2021/2022


Oleh :
Fitri Kartika Sari - K7118100 - Fak. KIP

Fitri Kartika Sari’. ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2022. 
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis jenis-jenis kesalahan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar; (2) menjelaskan faktor-faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar; (3) menguraikan alternatif solusi memperbaiki kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun datar. 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan subjek siswa kelas IV SD yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni reduksi data penyajian data, dan verifikasi. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, jenis kesalahan dan persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun datar yaitu: reading error = 9,2%, comprehension error = 19,4%, transformation error = 23,3%, process skill error = 35,8%, encoding error = 35,5%. Kedua, faktor penyebab kesalahan siswa dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu: (a) siswa salah dalam membaca dan memilah informasi dalam soal, (b) siswa belum memahami kalimat dalam soal, (c) siswa tidak mampu membuat kalimat matematika, (d) siswa salah dalam menghitung, (e) siswa salah menuliskan jawaban akhir. Sedangkan faktor eksternal yaitu: (a) guru kurang menekankan cara memilah informasi dalam soal, (b) guru kurang melakukan variasi metode/model pembelajaran, (c) guru kurang menekankan cara menyusun kalimat matematika, (d) guru kurang memberikan pelayanan khusus untuk siswa yang belum paham, (e) guru kurazng menekankan satuan dan kesimpulan. Ketiga, alternatif solusi yang diberikan untuk siswa yaitu: (a) teliti dalam mengambil informasi dalam soal, (b) memahami cara menyusun kalimat matematika, (c) sering mengerjakan soal cerita, (d) teliti dalam menghitung, (e) teliti menuliskan jawaban akhir. Sedangkan hal yang dapat dilakukan guru yaitu: (a) menekankan cara memilah informasi soal, (b) melakukan variasi metode dan model pembelajaran, (c) menekankan cara menyusun kalimat matematika, (d) memberikan pembelajaran tambahan untuk siswa yang lamban belajar, (e) menegaskan untuk selalu menuliskan kesimpulan. 
Simpulan penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun datar pada kelas IV SD Negeri 1 Patikraja tahun ajaran 2021/2022 dapat diklasifikasikan dalam 5 jenis kesalahan, yaitu: reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, dan encoding error. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dibagi menjadi dua yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Alternatif solusi yang dapat dilakukan ada dua yaitu, alternatif solusi untuk siswa dan alternatif solusi untuk guru.