;

Abstrak


Pengaruh Serbuk Rimpang Jahe (Zingiber Officinale) Terhadap Kadar Gula Darah Puasa dan HbA1c Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2: Meta-Analisis


Oleh :
Fajar Novianto - S022008020 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang : Diabetes melitus (DM) tipe 2 merupakan tipe diabetes terbanyak yang diakibatkan oleh resistensi insulin dan defisiensi relatif dari sekresi insulin. Beberapa penelitian menunjukkan hasil yang tidak konsisten mengenai pengaruh serbuk Zingiber officinale pada pasien DM tipe 2. Akibat ketidakkonsistenan tersebut, peneliti terdorong untuk membuktikan pengaruh serbuk Zingiber officinale terhadap kadar gula darah puasa (GDP) dan HbA1c pada pasien DM tipe 2 melalui studi meta-analisis.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan meta-analisis dari sejumlah penelitian randomized controlled trials. Artikel diperoleh dari database PubMed, Science Direct, Springerlink dan Google Scholar yang terbit tahun 2012-2022. Artikel pencarian dilakukan dengan mempertimbangkan kelayakan kriteria yang ditentukan menggunakan model PICO. Population: pasien DM tipe 2, Intervention: serbuk rimpang Zingiber officinale, Comparison: plasebo, Outcome: kadar GDP dan HbA1c. Kata kunci yang digunakan “Zingiber officinale” OR “Zingiber” OR “Z. officinale” OR “Ginger” AND “Fasting blood glucose” AND “HbA1c” OR “A1c” OR “Glicemic” OR “Glucose” OR “Diabetes Mellitus” OR “type 2 diabetes mellitus” AND “Randomized Controlled Trial”. Seleksi artikel dengan PRISMA flow diagram. Analisis artikel menggunakan aplikasi Revman 5.3.
Hasil : Total 11 artikel yang direview pada penelitian ini. Analisis dari 11 artikel memperlihatkan pemberian serbuk rimpang Zingiber officinale secara signifikan dapat menurunkan kadar GDP pasien DM tipe 2 (Standardized Mean Difference (SMD) = -0.79; CI95%= -1.32 hingga -0.26; p=0.004). Analisis dari 10 artikel memperlihatkan pemberian serbuk rimpang Zingiber officinale secara signifikan dapat menurunkan kadar HbA1c (SMD = -0.38; CI95%= -0.55 hingga -0.22; p<0>Kesimpulan: Serbuk rimpang Zingiber officinale secara signifikan dapat menurunkan kadar GDP dan HbA1c pada pasien DM tipe 2.