Abstrak


Profil Cabang Olahraga Panjat Tebing dan Catur Kota Surakarta dalam Rangka Pra Persiapan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021


Oleh :
Dita Cahya Minareta - O0118033 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pada cabang olahraga panjat tebing dan catur Kota Surakarta dalam rangka Pra Persiapan PORPROV Jawa Tengah Tahun 2021.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelatih dan atlet yang mengikuti Pra PORPROV yang membuka 9 atlet dan 2 pelatih pada cabang olahraga panjat tebing dan 13 atlet dan 1 pelatih pada cabang olahraga catur. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan pengisisan angket/kuisioner. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan proporsi untuk melihat kesiapan pada cabang olahraga dalam Pra PORPROV.

Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: Sumber daya manusia yaitu pelatih pada cabang olahraga panjat tebing dan catur dengan persentase jawaban panjat tebing 92?n catur 68%. Sumber daya manusia yaitu atlet pada cabang olahraga panjat tebing dan catur dengan persentase jawaban panjat tebing 81?n catur 59%. Struktur organisasi pada cabang olahraga panjat tebing dan catur dengan persentase jawaban panjat tebing 79?n catur 62%. Pendanaan pada cabang olahraga panjat tebing dan catur dengan persentase jawaban panjat tebing 72?n catur 58%. Serta Sarana prasarana pada cabang olahraga panjat tebing dan catur dengan persentase jawaban panjat tebing 81?n catur 55%

Hasil analisis di atas dapat dipastikan bahwa pembukaan olahraga panjat tebing dan permainan adalah sangat baik karena nilai >50% sehingga memungkinkan pembukaan pra PORPROV dengan maksimal.