Abstrak


Efektivitas Penyaluran KPR Syariah Besubsidi pada PT Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Syariah Sragen


Oleh :
Diar Luthviasari Gaenib - F3618021 - Sekolah Vokasi

KPR Syariah Bersubsidi merupakan salah satu fasilitas pembiayaan yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan perumahan. Sebagai lembaga keuangan perbankan yang memiliki fokus utama dalam pengembangan sektor perumahan, PT. BTN KCPS Sragen ditunjuk menjadi salah satu bank pelaksana dalam penyaluran KPR Syariah bersubsidi. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan amanat yang diberikan pemerintah kepada PT. BTN KCPS Sragen maka diperlukan adanya penerapan sistem pembiayaan yang efektif untuk mendukung kelancaran proses pembiayaan yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat terhadap rumah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Penelitian Lapangan (Field Research) yakni melalui wawancara, dokumentasi, dan studi literatur yang terkait dengan penelitian. Untuk mengetahui efektivitas penyaluran pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi penulis menggunakan teori efektivitas melalui ketepatan guna program ketepatan sasaran program, akuntabilitas, ruang lingkup (kemudahan proses), efektivitas biaya dan efektivitas waktu yang dilakukan oleh PT. BTN KCPS Sragen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur dan mekanisme penyaluran pembiayaan KPR subsidi di PT. BTN KCPS Sragen memiliki 9 tahapan dengan menggunakan prinsip syariah. Dalam melakukan penyaluran pembiayaan KPR Syariah Bersubsidi PT. BTN KCPS Sragen belum dapat dikatakan efektif karena dalam indikator penilaian efektivitas dari segi ketepatan guna, sasaran dan akuntabilitas saja yang sudah sesuai namun dari segi ruang lingkup, ketepatan biaya, dan ketepatan waktu tidak efektif yang disebabkan oleh hambatan yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan.

Kata Kunci : KPR Syariah Bersubsidi, Masyarakat Berpenghasilan Rendah, Efektivitas.