Abstrak


Perbedaan Pengaruh Latihan Menggunakan Media Gawang dan Langsung terhadap Keterampilan Tendangan Depan Pencak Silat pada Atlet Pemula di Kabupaten Pemalang


Oleh :
Bachtiar Aulia Kadnezar Irkham - O0118020 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui perbedaan pengaruh latihan keterampilan tendangan depan menggunakan media gawang pada atlet pemula Koalisi Umur 12 di Terate Club Pemalang, dan Mengetahui perbedaan pengaruh latihan keterampilan tendangan depan langsung pada atlet pemula Koalisi Umur 12 di Terate Club Pemalang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experiment. Penelitian ini adalah eksperimen dengan metode kuantitatif dan menggunakan rancangan ”Pretest-Posttest Control Group design”. Populasi siswa atlet pemula Terate Club Pemalang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan Atlet pemula Terate Club Pemalang dengan jumlah 20 anak. Instrumen menggunakan tes metode latihan tendangan depan dengan menggunakan modifikasi pipa air.

Berdasarkan hasil perhitungan latihan menggunakan media gawang mengalami peningkatan dimana hasil nilai kelompok kontrol rata-rata pretest sebesar 70 dan posttest sebesar 74,4 dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 4,4% Sedangkan hasil rata-rata kelompok eksperimen yaitu nilai pretest sebesar 69,95 menjadi posttest sebesar 77,1 mengalami peningkatan sebesar 7,15?n peningkatan kelompok eksperimen lebih besar peningkatannya dibandingkan dengan kelompok kontrol

Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan latihan menggunakan gawang terhadap keterampilan tendangan Depan pada bela diri pencak silat Terate Club Pemalang. Dan terdapat perbedaan yang signifikan lathan tendangan depan langsung terhadap keterampilan tendangan depan.