Abstrak


Implementasi Project Based Learning dalam Pembelajarkan Tenis Meja pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021


Oleh :
Fajar Subagyo - K4617049 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Penerapan Project Based Learning dalam pembelajaran PJOK  materi ajar Tenis Meja di SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2020/2021. 2) Proses penilaian menggunakan Project Based Learning dalam pembelajaran PJOK  materi ajar Tenis Meja di SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2020/2021, 3) Kendala Project Based Learning dalam pembelajaran PJOK  materi ajar Tenis Meja di SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan survei. Subjek penelitian adalah guru PJOK dan peserta didik kelas VIII  yang dipilih menggunakan teknik Propotional Random Sampling  dengan rincian 2 guru dan 60 peserta didik. Sumber data diperoleh dari guru PJOK, peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: 1) Penerapan project based  learning dalam pembelajaran tenis meja di SMP Negeri 14 Surakarta sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan silabus dan RPP. 2) Penilaian pembelajaran menggunakan nilai tugas, presensi dan ketepatan waktu mengumpulan tugas. Selain itu guru tidak mengalami kesulitan dan semua aspek penilaian dapat dinilai. 3) Kendala, Guru tidak bisa menggajar secara langsung atau tatap muka yang mengakibatkan peserta didik kurang  menguasai gerakan dasar atau lanjut pada permainan tenis meja dan keterbatasan kuota internet juga menjadi penghambat bagi sebagian peserta didik.
Hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan project based learning pembelajaran tenis meja di SMP Negeri 14 Surakarta sudah terlaksana dengan sesuai dengan silabus dan RPP. Guru tidak mengalami kesulitan dalam pengambilan nilai peserta didik karena semua aspek penilaian dapat di nilai. Namun dalam proses pembelajaran masih terdapat kendala yaitu guru tidak bisa mengamati secara langsung gerak dasar/lanjut yang di peragakan oleh peserta didik. Selain itu sebagian peserta didik juga memiliki keterbatasan untuk kuota internet.

Kata kunci: Implementasi Projec Based Learning, Pembelajaran, Tenis Meja