Abstrak


Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sekecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Anisatun Chasanah - K7117023 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya hubungan positif perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021, (2) mengetahui besarnya sumbangan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen yang berjumlah 1.400 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 327 siswa kelas IV SD di tiga belas SDN Se-Kecamatan Kebumen dipilih secara acak dengan teknik probability sampling jenis cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data perhatian orang tua dan tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Uji prasyarat data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu korelasi sederhana dan sumbungan efektif (SE).
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan positif perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Se-Kecamatan Kebumen dengan nilai r hitung (0,349) > r tabel (0,108). (2) Perhatian orang tua memberikan sumbangan terhadap hasil belajar matematika sebesar 12,2?n sisanya 87,8% dipengaruhi faktor lain seperti minat, bakat, kecerdasan, kebiasaan belajar, ketekunan, lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini telah sesuai dengan teori yang ada dan didukung pula dengan penelitian relevan.

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika