Abstrak


Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Gerak Manipulatif pada Anak Kelompok A TK Warga Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Fery Damayanti - K8115022 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui gerak manipulatif pada anak kelompok A TK Warga Jebres Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A berjumlah 17 anak yang terdiri dari  7 anak laki- laki dan 10 anak perempuan.

Guru dan anak menjadi sumber data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui gerakan manipulatif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Dalam penelitian ini metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tiap siklusnya memiliki tiga kali pertemuan.

Hasil penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa penerapan kegiatan gerak manipulatif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A TK Warga Jebres Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Melalui gerakan manipulatif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak, anak dapat mencapai indikator menggunting sesuai pola, menempel gambar dengan tepat, melipat potongan kertas menjadi berbentuk tabung, meronce potongan-potongan kertas. Hasil penelitian peningkatan persentase ketuntasan kemampuan motorik halus anak  siklus  I diperoleh 64,7% atau sama dengan 11 anak dan siklus II diperoleh  88,2% atau 15 anak.