Abstrak


Studi Pembinaan Cabang Olahraga Bola Basket Kota Surakarta dalam Rangka Persiapan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022


Oleh :
Janan Salma Najiyah - O0218051 - Fak. Keolahragaan

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Keadaan organisasi, manajemen, pelatih, atlet, sarana dan prasarana serta pendanaan terhadap pembinaan PERBASI kota Surakarta rangka persiapan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah 2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Ketua PERBASI kota Surakarta yang berjumlah 1 orang,Management Pra PORPROV yang berjumlah 2 orang,Pelatih yang berjumlah 4 orang, Atlet yang berjumlah 22 orang. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas data menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan hitungan SPSS dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase untuk mengetahui tikat kecenderungan.

Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: dikategorikan “ sangat baik” untuk kondisi atlet 82% (18 orang), dikategorikan “ sangat baik” untuk kondisi pelatih 50% (2 orang), dikategorikan “sangat baik” untuk kondisi organisasi 85% (2 orang), dikategorikan “baik” untuk kondisi manajemen 78% (2 orang), dikategorikan “sangat baik” untuk kondisi sarana prasarana 85% (2 orang), dikategorikan “sangat baik” untuk kondisi pendanaan 34% (1 0rang).

Hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa PERBASI kota Surakarta baik atlet, pelatih, dan pengurus sudah maksimal dalam mempersiapkan Porprov Jawa Tengah tahun 2022.