Abstrak


Hubungan Antara Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Kroya Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Rifqi Roni Chasbulloh - K7117197 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya korelasi positif antara rasa percaya diri dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kroya tahun ajaran 2020/2021 dan mengukur besarnya sumbangan rasa percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kroya tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di 57 SDN se-Kecamatan Kroya yang berjumlah 1135 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 299 siswa kelas V di lima belas SDN se-Kecamatan Kroya yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji prasyarat menggunakan uji linieritas dan normalitas. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi sederhana dan koefisien determinan dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasa percaya diri memiliki korelasi positif dengan hasil belajar matematika (nilai Sig. 0,000 < 0>Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara rasa percaya diri dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kroya tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini telah sesuai dengan teori yang ada dan didukung pula dengan penelitian yang relevan.

Kata kunci: rasa percaya diri, hasil belajar, matematika