Abstrak


Makian dalam Kolom Komentar Permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store (Sebuah Kajian Semantik)


Oleh :
Mikola Muhammad Akbar - B0217041 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena makian yang terjadi dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store. Berdasarkan permasalahan tersebut, masalah yang diteliti adalah: (i) bagaimana bentuk satuan gramatika makian dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store; (ii) bagaimana tipe makian dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store; dan (iii) bagaimana referensi makian dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mendeskripsikan bentuk satuan gramatika makian dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store; (ii) mendeskripsikan tipe makian dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store; dan (iii) mendeskripsikan referensi makian dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store.
Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang mengandung makian dalam permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store. Metode penyediaan data dalam penelitian ini berupa metode simak dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik Bagi Unsur Langsung, teknik lesap, dan teknik ganti, serta metode padan referensial dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Sementara itu, hasil dari penelitian disajikan dengan metode informal.
Hasil penelitian ini adalah: (i) bentuk satuan gramatika makian dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store berupa kata, frasa, dan klausa; (ii) tipe makian dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store berupa a) perbandingan manusia dengan hewan yang secara konvensional dianggap memiliki perilaku tertentu, b) istilah atau julukan yang berasal dari organ tubuh yang ditabukan, efluvia tubuh (bau atau sekresi), dan perilaku seksual, c) julukan yang diambil dari karakter fisik yang terlihat sehingga dianggap seolah menjadi orang yang abnormal, d) julukan yang menggunakan istilah dari abnormalitas mental atau penyakit jiwa, dan e) istilah penghinaan yang menyerukan penghinaan pada karakter yang dituju.; serta (iii) referensi makian dalam kolom komentar permainan Mobile Legends: Bang Bang pada App Store berupa referensi benda, binatang, bagian tubuh, profesi, penyakit, aktivitas, dan sifat atau keadaan.

Kata Kunci: Makian, Bentuk Makian, Tipe Makian, Referensi Makian, Mobile Legends: Bang Bang, App Store