Abstrak


Profil Antropometri dan Komponen Biomotorik Atlet Lari Jarak Jauh Putri Senior Dragon Atletik Club Kota Salatiga Tahun 2021


Oleh :
Lailatul Asfiyah - K4617072 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil antropometri dan komponen biomotorik atlet lari jarak jauh Putri Senior Dragon Atletik Club Kota Salatiga tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu atlet Putri Senior Dragon Atletik Club Kota Salatiga yang berjumlah 15 atlet putri. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran dengan instrumen tes yang digunakan yaitu sit and reach, lari 60m, back and leg dynamometer, grip strength dynamometer, zig-zag run test, stork stand, dan MFT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tes antropometri dan komponen biomotorik atlet putri dengan kategori baik sekali sebanyak 2 orang (13,33%), kategori baik sebanyak 1 orang (6,67%), kategori cukup sebanyak 9 orang (100%) kemudian kategori kurang sebanyak 2 orang (13,33%), dan 1 orang (6,67%) mempunyai kategori kurang sekali.
Simpulan dari hasil penelitian ini, tes antropometri dan komponen biomotorik atlet lari jarak jauh putri Senior Dragon Atletik Club Kota Salatiga tahun 2021 masuk dalam kategori cukup.

Kata Kunci: Profil, Atlet Putri, Lari Jarak Jauh