Abstrak


Peran Pemerintah Desa dalam Menyukseskan Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten


Oleh :
Winda Sari Damayanti - E3118149 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Winda Sari Damayanti. 2022. E3118149. PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM GERAKAN INDONESIA SADAR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KLATEN. Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

            Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan tentang peran dan hambatan Pemerintah Desa dalam menyukseskan Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan sifat penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini juga dilakukan di Pemerintah Desa Pondok Kecamatan Karanganom dan Pemerintah Desa Dalangan Kecamatan Tulung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat lima peran Pemerintah Desa yaitu sebagai fasilitator, mobilisator, regulator, perantara dan petugas operator desa. Hambatan yang ditemukan di Pemerintah Desa dapat dilihat dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa adanya perubahan inovasi pelayanan administrasi kependudukan, sosialisasi, sumber daya manusia dan anggaran petugas operator desa. Faktor eksternal yaitu masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya administrasi kependudukan. Solusi yang diberikan berupa meningkatkan sosialisasi dari Pemerintah Desa dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten serta pembinaan dan pelatihan bagi petugas operator desa.

            Kata kunci: Peran, Pemerintah Desa, Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan