Abstrak


Analisis Minat Belajar dan Gaya Belajar Selama Pandemi Covid-19 Siswa Kelas V SDN 3 Cikembulan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Marita Cahya Purnama - K7117136 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis minat belajar siswa kelas 5 selama pandemi Covid-19 di SDN 3 Cikembulan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2020/2021. (2) Menganalisis gaya belajar siswa kelas 5 selama pandemi Covid-19 di SDN 3 Cikembulan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2020/2021. (3) Mendeskripsikan faktor yang memengaruhi minat belajar siswa kelas 5 SDN 3 Cikembulan selama pandemi Covid-19. (4) Mendeskripsikan faktor yang memengaruhi gaya belajar siswa kelas 5 SDN 3 Cikembulan selama pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan tipe narasi design, subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri 3 Cikembulan. Sumber data terdiri dari tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Minat belajar siswa kelas 5 tergolong cukup karena dari masing-masing aspek tersebut hampir semuanya sudah muncul meskipun belum optimal. Aspek yang belum optimal khususnya dari aspek kesukaan, ketertarikan, dan keterlibatan siswa. (2) Gaya belajar dominan adalah gaya belajar visual, yaitu gaya belajar yang berkaitan dengan metode pembelajaran yang biasa guru lakukan di kelas Whatsapp Grup (WAG). (3) Faktor yang memengaruhi minat belajar siswa kelas 5 SDN 3 Cikembulan selama pandemi terdiri dari faktor internal meliputi: bakat, disiplin, keingintahuan, konsentrasi, dan kebutuhan sedangkan faktor eksternal adalah keluarga, motivasi, sekolah, masyarakat dan media massa. (4) Faktor yang memengaruhi gaya belajar siswa kelas 5 selama pandemi terdiri dari faktor internal termasuk kondisi jasmani, psikologi, dan kelelahan sedangkan faktor eksternal gaya belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Kesimpulan penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas 5 SDN 3 Cikembulan selama pandemi Covid-19 tergolong cukup karena masih ada beberapa aspek yang belum optimal. Gaya belajar siswa kelas 5 SDN 3 Cikembulan selama pandemi Covid-19 yang dominan adalah gaya belajar visual.

Kata Kunci: minat belajar, gaya belajar, faktor, Covid-19